WASIAT PARA ULAMA AGAR KAUM MUSLIMIN MEMPELAJARI " BAHASA ARAB "

Kamis, April 02, 2015 0 Comments A+ a-


1. Imam Ibnu Katsir dalam tafsirnya ketika menafsirkan surat yusuf ayat 1 (Sesungguhnya Kami menurunkan Al-qur'an dalam Bahasa Arab agar kalian memahaminya) beliau berkata: Allah SWT telah menurunkan kitab-Nya dengan sebaik-baiknya BAHASA (BAHASA ARAB), pada malam terbaik (lailatul qodar) kepada Hamba-Nya yg terbaik (MUhammad SAW), ditempat yang terbaik dimuka bumi (Mekkah Almukarramah)

2. Imam Qurthubi berkata: Tidak ada jalan lain untuk memahami alqur'an kecuali hanya dengan BAHASA ARAB

3. Imam Syafi'i berkata dalam kitab Arrisalah ; "Hendaklah seorang muslim mengerahkan segala kemampuannya untuk mempelajari Bahasa Arab"

4. Imam Ibnu Taimiyah Ra, berkata: Orang yang tidak memahami BAHASA ARAB menyangka bahwa penafsiran alqur'an adalah seperti yang disangkanya padahal penafsiran yang sesungguhnya adalah bukan seperti yang disangkanya".

5. Imam Hasan Albanna Rohimahullah Berkata; "Hendaklah seorang muslim bersungguh-sungguh berbahasa arab fusha (Standar) karena ia merupakan syiar islam". Wasiat ke-3 dari 10 wasiatnya

6. Syeikh Usaimin Rohimahullah berkata ; "Orang yang menguasai Bahasa Arab akan bertambah kredibilitasnya (karena dpt mengindari lahn- kesalahan dlm membaca teks arab). (Hilya tolibil ilmi)

7. Syeikh Yusuf Al-qordhowi berkata; "Bahasa Arab adalah wawasan yang harus dimiliki oleh seorang da'i'" (dalam tsaqofatuddaiyah)

8. Wahbah zuhaili berkata: "Bahasa Arab adalah ilmu yang harus dikuasai oleh seorang mujtahid". (Usul Fikih wahbah zuhaili)

9. Imam Syafi'i berkata; "Orang yang tdk faham BAHASA ARAB akan mudah terjatuh kedalam syubhat (Kerancuan) dalam beragama".

10. Siapa saja yang belajar islam tanpa bahasa Arab ia akan menjadi murid abadi. siapa saja yang belajar islam dengan BAHASA ARAB ia akan lebih pintar dari gurunya.

Wallahu'alam bissowab