KEUNTUNGAN-KEUNTUNGAN MENGUASAI BAHASA ARAB

Rabu, April 01, 2015 0 Comments A+ a-

BAHASA ARAB tidak bisa dipisahkan dari Islam, karena Pedoman hidup Ummat Islam adalah Al-Qur'an dan Hadist yang berbahasa Arab. maka raihlah keuntungan jika seorang Muslim menguasai BAHASA ARAB

1. Memahami Al-Qur'an dan Hadist, yang mana keduanya berbahasa Arab, Al-qur'an dan hadist merupakan pedoman hidup ummat islam. maka jika seorang muslim memahami dan menguasai Bahasa Arab sudah barang tentu ia memahami pedoman hidup-nya yang jika difahami dan diamalkannya akan menghantarkannya kepada kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.

2. Semua bahasa peribadatan dalam islam adalah berbahasa arab, seperti sholat, dzikir, do'a, haji, dan lain sebagainya. jika seorang muslim menguasai bahasa arab, sudah barang tentu ibadahnya akan mudah khusyu,dzikir dan do'a yang dipanjatkannya mudah dihayati dan khusyu dalam melaksanakannya. 

3. mendapatkan ilmu dari sumbernya yang asli dan luas. sumber ilmu keislaman adalah kutub turos/kitab kuning,  ilmu apa saja yang terkait dengan islam yang ingin dipelajari oleh seorang muslim seperti ilmu akidah, ilmu tafsir, ilmu hadist, ilmu fikih, ilmu usul fikih, sejarah, siroh nabi, ulumul qur'an, akhlak, dan lain sebagainya.

 itu semua bisa dipelajari dan didapatkan dari sumbernya yang asli (Kitabul Umm) dan belum mengalami distorsi dan penyimpangan, sehingga siapa saja yang merujuk kitab-kitab tersebut dapat dipastikan ia akan memiliki ilmu, hujjah dan argumentasi serta referensi yang tiada batasnya dalam hal ilmu agama. ia akan mendalam, luas, dan kokoh dalam hal keilmuan karena sumbernya banyak dan asli. sebaliknya siapa saja yg bicara agama tanpa punya keterampilan merujuk kitab turos maka ilmunya cetek, dan mudah taqlid dalam beragama. dan lebih banyak "katanya", "saya dengar".  "Kata guru saya", "konon", "Berdasarkan primbon", dll.


4. BAHASA ARAB menyatukan ummat islam sedunia, jika ummat islam yang pergi haji ke baitullah mekah almukarramah yang mana jama'ahnya datang dari seluruh dunia, dan mereka mampu berbahasa yang satu yaitu bahasa Arab, maka sudah dipastikan mereka akan mudah menyatukan persepsi dan pandangan karena tidak ada hambatan komunikasi. dan Ibadah haji menjadi moment konsoludasi Ummat islam sedunia yang akan memperkuat persatuan dan kesatuan Ummat Islam.

5. BAHASA ARAB akan memudahkan muslim dalam menimba ilmu di negara-negara timur tengah. ya islam lahir dari mekah dan madinah, sehingga disanalah pusatnya ilmu keislaman. semakin jauh orang menuntut ilmu dari pusatnya maka akan semakin jauh ia dari Islam yang asli. 

Negara negara timur tengah yang menjadi rujukan umat islam dunia dalam menuntut ilmu adalah: Mekah, madinah, mesir, sudan, yaman, kuwait, uni emirat arab, dan negara-negara timur tengah lainnya yang merupakan pusat ulama dunia insya Allah ereka yg belajar di TIMTENG dan bersungguh-sungguh akan menjadi ulama yang sejajar dengan ulama dunia.

sebaliknya ironis jika ada ummat islam menuntut ilmu keislaman dinegara-negara sekuler dan liberal spt amerika, dll. sudah bisa dipastikan mereka akan menjadi muslim yang sekuler dan liberal yang membeo kepada barat.

6. BAHASA ARAB Akan menangkal ALIRAN SESAT, awal kesesatan adalah salah persepsi dan pemahaman (Penafsiran) terhadap al-qur'an, sebut saja aliran ahmaddiyah dan LDII yang mereka salah menafsirkan Al-qur'an. Ahmaddiyah salah dalam menafsirkan khootamannabiyyin (penutup para nabi), dan LDII salah dalam menafsirkan ayat tentang imam (surat 17:71) sehingga mereka sesat, ahmaddiyah meyakini ada nabi setelah Nabi Muhammad SAW karena mereka meyakini khotamannabiyyiin adalah cincinnya para nabi bukan penutup para nabi, sedangkan LDII meyakini muslim yg belum berbaiat didepan imam LDII islamnya belum sah dan amalnya akan sia-sia diakhirat, dan ia masih dianggap kafir....na'udzu billah minzaalik kebodohan macam apa yang ada pada mereka???

jika saja mereka mau mepelajari BAHASA ARAB dan merujuk pada Kitab-kitab tafsir yang otentik dan mu'tabar (Diakui dunia) mereka tidak akan sebodoh itu.....patas jika Ibnu Taimiyah rohimahullah berkata: "Jika Orang tidak faham BAHASA ARAB ia akan menyangka penafsiran alqur'an seperti yang ia sangka, padahal penafsiran yg sebenarnya adalah bukanlah seperti yang ia sangkakan". Imam syafi'i Rohimmahullah berkata: "Orang yang tidak memahami BAHASA ARAB akan mudah terjatuh kedalam fitnah dalam beragama".

kalau begitu tumbuh suburnya aliran sesat di Negara ini salah satunya adalah disebabkan karena ummat islam "MALAS MEMPELAJARI BAHASA ARAB" dan acuh tak acuh terhadap BAHASA ARAB

mereka bagaikan buih dilautan dan rumput yang sangat rapuh karena tidak memiliki pijakan yang kuat dalam beragama.

kalau begitu tidak ada pilihan lain bagi ummat islam kecuali harus "MEMPELAJARI BAHASA ARAB".

Wallahu'alam bissowab